Home > software process > XP: Pair Programming

XP: Pair Programming

Pada XP, programmer akan bekerja berpasangan. Pasangannya pun tidak tetap, tapi bisa berganti-ganti sehingga pengetahuan tiap orang tentang kode program yang sedang dikerjakan akan bertambah.

Pada XP, kode program juga bukan milik satu programmer, tetapi milik bersama (collective ownership).

Ternyata, pair programming ini punya kelebihan dalam hal menekan jumlah kesalahan. Hasil pengukuran juga menunjukkan bahwa produktivitas pekerjaan dengan cara ini hampir sama dengan produktivitas dua orang programmer yang bekerja secara independen.

Bagaimanapun, empat mata akan lebih baik dari dua mata ya…

Categories: software process
  1. July 11, 2008 at 2:22 pm

    Setuju banget, Bu!
    Tapi saya, pasangannya itu-itu aja, si Hanson itu.
    Memang efektif sih menurut saya.

    Karena kalau saya lagi koding, saya selalu mikir line berikutnya gak pernah mikir line sebelumnya. Sedangkan si Hanson selalu liat line-line yang sudah saya tulis jadi bisa cepat menemukan kesalahan, karena dia akan menebak line seperti apa yang akan saya tulis menurut jalan pikiran dia. Kalau beda, baru kita diskusikan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

