Home > design > Why distribute ?

Why distribute ?

Software yang kita bangun kadangkala tidak cukup jika di-deploy di sebuah site saja. Ada kebutuhan yang menjadikannya perlu didistribusikan di beberapa lokasi berbeda. Berikut ini adalah alasan mengapa beberapa komponen software perlu didistribusikan:

  1. mengurangi load prosesor; pada beberapa kasus, pemrosesan tidak mampu ditangani satu prosesor; dengan mendistribusikan komponen software, eksekusi bisa didistribusikan di beberapa prosesor
  2. ada kebutuhan pemrosesan secara khusus; pada beberapa kasus, misalnya pemrosesan sinyal digital, pemrosesan tidak bisa dilakukan oleh prosesor biasa, butuh prosesor khusus.
  3. pertimbangan skalabilitas; jumlah pengguna yang besar akan lebih baik apabila dilayani oleh lebih dari satu server, satu prosesor.
  4. pertimbangan faktor ekonomi; penggunaan banyak prosesor dengan kapasitas terbatas masih lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan satu prosesor berkemampuan tinggi.
Categories: design
  1. Herman
    October 24, 2008 at 1:29 pm

    Distribusi computing berbeda tdk ya dg distribusi secara system i.e site berbeda? Dalam konteks computing/processing site berbeda secara praktis susah diterapkan karena terbatasnya transmisi/media antar site.
    Pendekatan paling simple adalah Network Interface Server dan Database server. Pemisahan fungsi pengolahan data dari interface yg berbeda2 dan pengolahan database bisa mengurangi kerja yg signifikan.

  2. yaniwid
    October 27, 2008 at 11:09 am

    Konteks distribusi pada uraian saya adalah distribusi proses. Misalnya pada arsitektur n-tiers atau client-server. Distributed computing, menurut saya, lebih rumit lagi…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: