Home > Uncategorized > Selingan Ramadhan (8)

Selingan Ramadhan (8)

Ini adalah bulan Ramadhan ke-4 sejak ayah saya terkena stroke. Di awal bulan Ramadhan tahun 2004, sepulang shalat tarawih dari masjib terdekat, ayah saya berjalan dengan sempoyongan. Sayangnya, saat itu kami tidak berprasangka apa-apa. Beberapa hari kemudian saya ditelpon dan diberitahu bahwa ayah saya masuk RS dan divonis stroke. Padahal, yang selalu saya khawatirkan stroke adalah ibu saya yang sudah sejak lama hipertensi. Sejak itu, banyak yang berubah dari kehidupan keluarga kami.

Yang ingin saya ceritakan di sini adalah tentang sebuah ayat Al Qur’an (QS. Al Baqarah : 216 surat apa ayat berapa-nya lupa; nanti saya update) yang sebagian isinya kira-kira begini:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (juga) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu”

Nah, tentang penyakit, banyak orang yang merasa menderita apabila ditimpa penyakit. Padahal kalau direnungkan, ternyata ada banyak kebaikan dengan datangnya penyakit itu kepada kita. Saat sakit, orang biasanya lebih dekat dengan Allah SWT. Saat sakit, orang akan terhindar dari perbuatan buruk. Dan apabila seseorang meninggal setelah menderita sakit, insya Allah orang tersebut meninggal dalam keadaan baik (karena tidak sedang melakukan perbuatan buruk). Kita tidak pernah tahu, akan meninggal dalam keadaan seperti apa kita nanti.

Seseorang pernah berkata bahwa ada tiga hal yang dibenci orang lain tetapi sangat dia sukai, salah satunya adalah penyakit. Dia mencintai penyakit, karena sakitnya itu, apabila disertai dengan kesabaran akan menjadi penghapus dosa-dosanya (yang dua lainnya adalah kefakiran karena membawa ketenangan dan kematian karena berarti pertemuan dengan Allah SWT).

Mudah-mudahan, sakitnya ayah saya, dan keikhlasan ibu saya mengurusnya, akan menghapus seluruh dosa-dosa mereka…

Categories: Uncategorized
  1. September 22, 2008 at 12:46 pm

    QS. Al-Baqarah: 216 bukan Bu?

  2. yaniwid
    September 25, 2008 at 12:40 pm

    Ya Reisha, Al Baqarah:216. Tulisannya akan segera di-update.
    Thx ya…

  3. October 6, 2008 at 6:05 pm

    Padahal kalau direnungkan, ternyata ada banyak kebaikan dengan datangnya penyakit itu kepada kita.

    Saya pernah mendengarkan khutbah Jumat di Salman yang sebagian isinya kalau nggak salah: ketika seseorang sakit, ybs akan diampuni dosa2nya yang terdahulu. Istilah kasarnya dosanya didiskon lewat sakitnya tadi. Tapi saya lupa khatibnya pake referensi hadits yang mana, hehee…

    Wallahu ‘alam bi shawwab

  4. Herman
    November 12, 2008 at 6:21 pm

    “Mudah-mudahan, sakitnya ayah saya, dan keikhlasan ibu saya mengurusnya, akan menghapus seluruh dosa-dosa mereka…”
    –> AMIEN…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: