Home > project management > Kenapa mahal ?

Kenapa mahal ?

Ya, customer banyak mengeluhkan mahalnya harga software. Apa sih yang membuat mahal ? Apa yang membedakan harga satu software dengan software lainnya ?

Sebagian besar biaya membangun software digunakan untuk membayar honor development team-nya. Hanya sesekali dibutuhkan biaya untuk pembelian alat atau software lainnya sebagai alat bantu. Dan, hanya sedikit biaya untuk mengelola proses (seperti biaya meeting, dokumentasi, dll). Nah, sekarang tinggal biaya honor. Apa yang mempengaruhi besarnya honor untuk seluruh anggota development team ?

Besar honor ditentukan oleh produktivitas yang diharapkan akan dicapai oleh seluruh anggota tim. Produktivitas ini ditentukan oleh lingkup software yang akan dibuat. Satuan yang banyak digunakan dulu adalah line of code. Sekarang kelihatannya sudah kurang relevan dengan adanya berbagai tools pemrograman. Dengan klak-klik sedikit saja, terbangkitkan ratusan line of code. Cara lain adalah dengan menghitung function point. Intinya adalah dengan menghitung fungsi-fungsi yang harus dibuat. Tentu saja akan ada berbagai kategori fungsi yang masing-masing punya bobot yang berbeda.

Jadi, harga software jelas akan bertambah mahal apabila lingkup atau fitur software tersebut juga bertambah besar…

Categories: project management
  1. October 20, 2008 at 3:26 pm

    Memang tidak semua user memiliki pengetahuan mendalam mengenai proses pembuatan perangkat lunak,.

  2. yaniwid
    October 21, 2008 at 11:34 am

    Ya. Itu kadang-kadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab, sehingga harga sebuah situs web (misalnya) bisa mencapai ratusan juta rupiah…

  3. October 21, 2008 at 12:21 pm

    Kalau sebuah web bisa mencapai ratusan juta rupiah, saya rasa sebenarnya wajar kalau memang sudah termasuk ongkos deployment, mantainance, dll.

    “Sebuah situs web” itu bervariasi, mulai dari situs-situs besar seperti Google dan Facebook sampai situs-situs company profile yang hanya terdiri dari HTML sederhana.

    Banyak hal yang dapat membuat pembuatan web menjadi sangat mahal
    – Adanya penggunaan software-software, framework, IDE proprietary untuk mendukung jalannya situs tersebut juga dapat menambah mahal biaya : Oracle, Windows Server, Visual Studio, dll.
    – Kebutuhan-kebutuhan non fungsional. Salah satu contohnya sebuah situs perusahaan yang ingin cepat diakses dari seluruh dunia sehingga deploymentnya dilaksanakan pada banyak data center. Dedicated server biayanya bisa 4 juta per bulan, Bu😀
    – Maintenance, segala hal yang sifatnya online dan public, (berdasarkan pengalaman) maintenancenya benar-benar repot.
    Tapi kalau cuman situs pribadi statis pada hosting ekonomis jelas kebangetan kalau ratusan juta. Hehe.

    Situs presidensby.info, contohnya, saya rasa termasuk contoh situs web berbiaya mahal yang berhasil. ^_^ UInya bagus, rapi, aksesnya benar-benar kencang, jarang kena hack😛

    Referensi :
    http://priyadi.net/archives/2006/02/14/situs-resmi-presiden-sby/
    http://priyadi.net/archives/2006/02/17/84-juta-rupiah-untuk-situs-kepresidenan-itu-relatif-murah/

  4. yaniwid
    October 21, 2008 at 3:32 pm

    Ya Petra, setuju. Harga WebApp akan bervariasi. Yang saya anggap tidak wajar adalah situs web yang (mungkin) hanya berisi company profile, yang mudah dibuat dengan CMS yang sudah tersedia, dihargai ratusan juta rupiah…
    Software engineer, menurut saya, punya tanggung-jawab moral untuk menetapkan harga yang tidak berlebihan…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: