Home > project management > Kenapa (bisa) murah ?

Kenapa (bisa) murah ?

Sebenarnya, biaya pembangunan software yang tinggi bisa ditekan. Ya, ini adalah salah satu tantangan bagi para software engineer. Dan sudah mulai banyak solusinya. Software yang makin hari makin kompleks dan ukurannya makin besar ini bisa dibangun dengan biaya yang semakin murah jika developer-nya menerapkan konsep reuse.

Reuse artinya kita tidak membangun software dari awal atau dari nol. Kita memanfaatkan apa yang sudah kita miliki sebelumnya. Kita memanfaatkan hasil design sebelumnya. Kita memanfaatkan modul/komponen software sebelumnya. Kita memanfaatkan kode-kode open source. Kita memanfaatkan berbagai framework yang dapat mempercepat pekerjaan kita. Kita memanfaatkan berbagai generator yang dapat membangkitkan berbagai template, berbagai pola. Selain harganya menjadi lebih murah, waktu pembangunan software juga dapat dipercepat.

Jadi, harga software tidak lagi berbanding lurus dengan kompleksitasnya…

Categories: project management
  1. October 21, 2008 at 12:29 pm

    Seharusnya memang cost pada sebuah software house harus semakin menurun.
    Saya pernah berbincang-bincang dengan Pak Hemat dari Zamrud. Menarik mendengar kenyataan mereka sampai buat framework sendiri akhirnya untuk dipakai. (justru tidak pakai framework-framework populer)

    Kira-kira mana yang lebih bagus ya, pakai framework buatan sendiri atau pakai framework populer…

  2. yaniwid
    October 21, 2008 at 3:35 pm

    Internal reuse menurut saya ide yang bagus. Dan lebih murah. Apalagi kalau software house tersebut misalnya spesialis dalam membangun jenis software tertentu. Maka, akan lebih produktif jika membangun framework sendiri yang sesuai dengan kebutuhannya…

  3. Herman
    October 21, 2008 at 11:05 pm

    Reuse satu pilihan bagus tapi biasanya basicnya menggunakan framework umum utk disesuaikan framework sendiri. Hasilnya memang gado2 tapi membuat pilihan framework sendiri dari awal juga butuh waktu yg lama dan bisa berakibat cost (kalau dalam rangka proyek)…

  4. yaniwid
    October 23, 2008 at 12:02 pm

    Ya, cost tersebut harus diperhitungkan akan bisa kembali dalam jangka waktu tertentu… Mungkin dianggap investasi dulu kali ya ??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: