Home > software architecture, software quality > Software (Architecture) Quality

Software (Architecture) Quality

Software quality adalah salah satu topik riset yang cukup populer, baik di bidang akademik maupun industri, sehubungan dengan masih belum adanya kesepakatan dan formalisasi definisi quality itu sendiri. Berkaitan dengan software quality ini, ada dua area yang bisa menjadi fokus, yaitu software product evaluation dan software process evaluation.

Software product evaluation mencakup aktivitas validasi dan verifikasi. Validasi bertujuan untuk memastikan bahwa kita membangun produk yang benar, sedangkan verifikasi untuk memastikan bahwa produk yang dibangun sudah sesuai dengan spesifikasinya.

Software architecture evaluation adalah salah satu bentuk verifikasi. Software architecture berperan saat kita ingin memprediksi kualitas software sebelum benar-benar membangunnya. Kita perlu melakukan evaluasi terhadap software architecture untuk memastikan bahwa sejumlah quality attributes yang diharapkan akan bisa dicapai. Selain untuk meningkatkan quality, dari software achitecture desciption (SAD) tersebut, kita bisa memprediksi beberapa resiko yang mungkin terjadi sejak awal. Kita mungkin tidak akan dapat memprediksi seluruh quality attributes termasuk validity, usability, dan beberapa performance qualities, tapi kita akan punya cukup jaminan untuk beberapa quality attributes, seperti beberapa aspek performance dan reliability.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: