Home > CBSE, technology > Teknologi Komponen: COM dan DCOM

Teknologi Komponen: COM dan DCOM

COM (Component Object Model) adalah spesifikasi mencakup implementasi yang dikembangkan Microsoft Corporation, yang menyediakan framework untuk integrasi komponen. Framework ini mendukung interoperability dan reusability objek-objek terdistribusi yang memungkinkan developer membangun sistem dengan melakukan assembly berbagai komponen dari berbagai vendor. Komponen-komponen tersebut akan berkomunikasi melalui COM.

COM mendefinisikan API (application programming interface) untuk membuat komponen maupun untuk mendukung interaksi antar komponen. Untuk bisa berinteraksi, komponen harus punya struktur biner yang sesuai dengan spesisikasi Microsoft. Selama mempunyai struktur biner yang sesuai, maka komponen yang dibangun dengan bahasa pemrograman yang berbeda akan dapat berkomunikasi.

COM dikembangkan menjadi DCOM (Distrubuted COM) untuk mendukung interaksi antar komponen yang terdistribusi (berlokasi di mesin yang berbeda). Dengan DCOM, komponen yang beroperasi di berbagai platform yang berbeda akan dapat berinteraksi.

COM dan DCOM merepresentasikan teknologi low-level untuk interaksi komponen, sedangkan OLE, ActiveX, dan MTS merepresentasikan higher-level application services yang dibangun di atas COM dan DCOM.

Batasan antar berbagai teknologi Microsoft kadang-kadang kurang jelas. Orang seringkali menggunakan terminologi “OLE technologies” yang mencakup COM, atau “Active Platform” sebagai web solution yang lengkap.

Categories: CBSE, technology
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: