Home > final project > Rekayasa Ulang Java WebApp

Rekayasa Ulang Java WebApp

Agung Prasetyo (2002) melakukan rekayasa ulang sebuah aplikasi berbasis web yang dibangun dengan Java. Aplikasi yang sudah ada tersebut direkayasa ulang sehingga ber-arsitektur MVC (Model-View-Controller).

Proses rekayasa ulang Model 1 (konvensional) ke Model MVC terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah reverse engineering aplikasi Model 1 yang menghasilkan analisis kebutuhan berikut komponen aplikasi yang berpotensi menjadi kelas dalam aplikasi Model MVC. Tahap kedua berupa alterasi aplikasi Model 1 menjadi MVC. Tahap terakhir adalah forward engineering dengan metodologi Unified Process (UP) untuk mengembangkan rancangan hingga implementasi aplikasi Model MVC.

Agung memanfaatkan berbagai framework dan library yang sudah ada pada TA-nya. Framework untuk membangun aplikasi dengan arsitektur MVC yang digunakan adalah Struts 2 (dengan menggunakan pustaka Spring). Teknologi Ajax juga diterapkan pada target aplikasi, dengan bantuan framework DWR (Direct Web Remoting). Teknik ORM (Object Relational Mapping) juga diterapkan pada TA ini dengan bantuan Hibernate.

Agung sempat keasyikan eksplorasi berbagai konsep dan teknologi untuk TA-nya ini🙂 . Akhirnya selesai juga ya… Good work Agung… !

Categories: final project
  1. November 4, 2008 at 3:15 pm

    Agung ini salah satu mahasiswa bimbingan TA Ibu ya,. ??

  2. November 4, 2008 at 4:40 pm

    Ya.

  3. November 4, 2008 at 11:19 pm

    Hmm, rekayasa ulang… apakah rekayasa ulang di sini sama dengan rekayasa ulang sistem yang diajarkan di salah satu mata kuliah IF, Bu?

    Oiya, sekalian saya mau tanya, apakah refaktori itu bisa digolongkan sebagai suatu bentuk rekayasa ulang?

  4. yaniwid
    November 6, 2008 at 10:11 am

    Yang jelas, rekayasa ulang sistem pasti lebih luas karena fokusnya bukan hanya software.
    Rekayasa ulang itu targetnya software (termasuk design dan kodenya). Sedangkan refactoring adalah usaha untuk mengubah kode program agar lebih efisien atau lebih bagus strukturnya. Menurut saya, rekayasa ulang bisa termasuk refactoring, tetapi refactoring tidak selalu berarti merekayasa ulang. CMIIW…

  5. November 10, 2008 at 9:07 am

    Lho Bu, saya muncul di posting? Ups, jadi malu nih dipublikasiin… Ya Bu, kayanya sampai sidang saya masih ‘ngotot’ eksplorasi teknologinya :p. Makasih Bu. Saya izin nge-link blog Ibu ya.

  6. November 10, 2008 at 2:26 pm

    Silahkan Agung. Selamat berkarya di tempat yang baru…🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: