Home > CBSE > Teknologi Komponen: .NET

Teknologi Komponen: .NET

.NET adalah model komponen yang baru dari Microsoft yang tidak lagi bergantung pada COM. Model komponen ini mendefinisikan sebuah bahasa internal yang disebut Microsoft Intermediate Languate (MSIL) mirip Java Byte Code serta memiliki Common Language Runtime (CLR) mirip dengan JVM (Java Virtual Machine). CLR memungkinkan kita untuk membuat komponen dalam berbagai bahasa.

Komponen pada .NET dikompilasi menjadi sebuah assembly (logically), yang terdiri dari IL Code (kode biner dalam bahasa intermediate), metadata (termasuk data interface, class, base class, method signatures, properties, events, member variables, dan custom attributes), dan manifest (data tentang assembly itu sendiri).

File assembly secara fisik berbentuk DLL atau EXE. Pada dasarnya, sebuah assembly terdiri dari sebuah DLL atau EXE fisik saja, namun .NET memungkinkan sebuah assembly untuk terdiri dari lebih dari satu DLL. Untuk assembly yang demikian, maka harus ada file-file yang disebut module yang menyimpan IL Code beserta metadata yang menjelaskannya, serta sebuah DLL utama yang menyimpan manifest-nya.

(dari hasil eksplorasi Ridho Akhiro dkk di kuliah Sistem Berbasis Komponen)

Categories: CBSE
  1. December 1, 2008 at 10:33 pm

    Masih mengalami masalah dengan teknologi Microsoft, khususnya Windows XP SP3 dan .Net framework 3.5 yang ternyata sulit di-install di Laptop yang ber-MotherBoard AMD,.😦

  2. December 2, 2008 at 12:17 am

    baru mulai kontak lagi sama .NET, sepertinya memang MS benar2 belajar dari dosa-dosanya di MFC dan komponen di VB6 dengan meng-hire lead engineer-nya VCL. tapi sayang, saat ini basis pengguna framework2 .NET masih kurang luas pemakaiannya. apalagi versi .NET > 2.0 .

    kebiasaan MS selalu ngekor teknologi populer (.NET setelah gagal menghalau JAVA lewat J++, silverlight setelah de facto Flash diakuisisi Adobe dan jadi FLEX/AIR, bahkan mencoba mengakuisisi Yahoo untuk melawan Google)

    tapi GDI+ nya memang menggoda..😀

  3. December 2, 2008 at 9:46 am

    meski gak terlalu suka pakai .NET, tapi bahasa C#nya memang sangat menarik, hehehe…..

  4. December 2, 2008 at 12:17 pm

    @all: thx for sharing…
    Saya belum punya cukup waktu untuk eksplor sampai bawah lagi…😦

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: