Home > technology > Document Object Model (DOM)

Document Object Model (DOM)

Document Object Model (DOM) adalah rekomendasi dari W3C untuk melakukan proses terhadap dokumen terstruktur seperti XML dan HTML. DOM didefinisikan sebagai sebuah spesifikasi Application Programming Interface (API) yang bebas bahasa dan platform. DOM mendefinisikan struktur lojik dokumen serta cara untuk melakukan manipulasi dan akses terhadap dokumen tersebut. Saat ini W3C telah mengeluarkan tiga buah rekomendasi untuk DOM yaitu DOM Level 1, DOM Level 2 dan DOM Level 3.

DOM akan membentuk representasi logik dokumen terstruktur yang akan dimanipulasi dalam struktur pohon. Manipulasi terhadap bagian isi dari dokumen dilakukan dengan manipulasi terhadap elemen-elemen pohon ini. W3C telah menspesifikasikan beberapa prosedur untuk melakukan manipulasi terhadap struktur pohon DOM. Prosedur tersebut meliputi penambahan (adding), penghapusan (deleting) dan pemutakhiran (updating).

Untuk memanipulasi dokumen dengan DOM, suatu parser akan membentuk representasi logik dari bagian isi dokumen XML dalam bentuk struktur pohon. DOM tidak menjelaskan bagaimana melakukan parsing terhadap dokumen, pembuatan dokumen baru ataupun melakukan serialisasi terhadap dokumen. Hal ini dikarenakan DOM adalah spesifikasi yang bebas bahasa. Untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut dibutuhkan DOM parser yang diimplementasikan kedalam berbagai bahasa pemrograman tertentu seperti C, C++, atau Java. Beberapa contoh DOM parser adalah Apache Xerces, Crimson, Oracle XML Parser for Java atau MsXML.

Activitas pengembangan DOM di W3C sudah ditutup sejak tahun 2004 dengan lengkapnya pengembangan DOM Level 3 Recommendations. Tapi saat ini W3C Web Applications Working Group sudah mulai bergerak untuk melakukan revisi. Jika tertari, diskusinya bisa diikuti di public-webapps@w3.org atau www-dom@w3.org mailing lists.

Categories: technology
  1. April 1, 2009 at 4:25 pm

    wew, tumben tiba2 ngebahas DOM, agak2 beda dengan postingan yang lain, Bu๐Ÿ˜€

  2. April 1, 2009 at 10:05 pm

    Postingan menarik dan penting,
    trima kasih atas infonya.

    best regard and success

  3. April 2, 2009 at 11:23 am

    @Petra: Nggak ada apa-apa kok…๐Ÿ™‚

    @Pak Amin: Terima kasih kembali…๐Ÿ™‚

  4. April 2, 2009 at 2:16 pm

    Pengalaman pertama menggunakan DOM adalah ketika tugas 1 Pemrograman Internet, membuat aplikasi web dengan fungsi drag-drop,.๐Ÿ™‚

  5. May 17, 2009 at 12:50 pm

    Asslm..
    Lam kenal,,,
    mau nanya kalo source kode DOM di mana ya?
    Makasih…

  6. May 18, 2009 at 1:40 pm

    @puwie:
    DOM itu spesifikasi yang bebas bahasa. Untuk memanfaatkannya perlu dibuat parser yang mengimplementasikannya. Tetapi sudah cukup banyak parser DOM yang tersedia. Misalnya Apache Xerces dan JAXP (Java) atau Apache Xerces (C). Coba di-search…

  7. Rizaldi
    May 19, 2009 at 4:27 pm

    Halo Bu Yani, posting jadi mengingatkan tugas akhir saya bu, terima kasih ya bu atas bimbingannya.

  8. May 20, 2009 at 11:56 am

    Halo Rizaldi, apa kabar ?
    Ya, kita pernah eksplor DOM ini di TA kamu dulu…
    Good work… ๐Ÿ™‚

  9. March 19, 2010 at 5:59 pm

    Maaf , saya msh blum mengerti, maklum pemula . . . . yg blm ngerti ,apa sih fungsi dom ? truz hbungannya ma java script apa ?

    trimakasih

  10. March 22, 2010 at 1:21 pm

    Sesuai uraian di atas, DOM adalah spesifikasi dari W3C, jika kita ingin memodelkan dokumen terstruktur. Spesifikasi ini bebas bahasa. Dengan mengacu spesifikasi tsb, kita bisa membuat implementasinya di suatu bahasa pemrograman. Atau memanfaatkan hasil implementasi orang lain, seperti yang sudah ada di Bahasa Java atau C…

  11. July 3, 2010 at 6:06 am

    teori Bu,,,kurang prakteknya..coba di barengi sama praktek nyatanya…

    but..

    lumayan pemahaman teori ku bertambah..:D

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: