Home > maintenance, project > Cost of Data Migration

Cost of Data Migration

Menyambung tulisan sebelumnya tentang migrasi data di sini dan di sini, ternyata kami berhadapan dengan data yang tidak bisa dimigrasi secara otomatis. Kenapa ?

Beberapa data ternyata punya struktur yang tidak normal sehingga perlu dipecah-pecah terlebih dahulu menjadi potongan-potongan kecil. Beberapa data disimpan dalam format teks panjang yang sebenarnya terdiri dari beberapa item data, sehingga perlu parsing terlebih dahulu. Format teks yang tidak seragam menyulitkan parsing otomatis. Belum lagi data yang belum terjamin validitasnya. Beberapa kode yang disimpan langsung dengan deskripsinya, dan tidak divalidasi saat di-entri dulu, menyulitkan kami untuk karena sistem yang baru menuntut validitas data yang tersimpan.

Jika saja proses migrasi dapat dilakukan otomatis, maka cost-nya hanya sebatas cost untuk membuat sejumlah program kecil. Tapi, dengan kondisi seperti ini, perlu effort yang cukup besar karena sejumlah pekerjaan perlu dilakukan manual, yang artinya sejumlah tenaga (orang) perlu direkrut untuk melakukannya…

Categories: maintenance, project
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: