Home > Uncategorized > Ujian di SAB…

Ujian di SAB…

Seperti di sekolah lainnya, di SAB (Sekolah Alam Bandung) juga sedang musim Ulangan Umum. Karena itu, Kiki ditegur ayahnya saat ketahuan main-main sama kambing sementara teman lainnya di kelas. “Ujiannya kan menyayangi binatang. Itu sedang giliran aku (dan dua temannya) menyayangi kambing..,” kata Kiki. Ya, ternyata memang itu jadwal ujian praktek menyayangi binatang ternak.

Ujian di SAB memang lain. Anak-anak tetap melakukan apa yang biasa mereka lakukan sehari-hari. Dan itulah yang dinilai oleh para guru. Misalnya, ujian praktek agama (selain itu ada ujian tulisnya juga), anak-anak akan dinilai saat berwudlu dan saat  shalat. Hafalan Al-Qur’an (Kiki sedang menghafal juz 29 dan 30) dicek saat mengaji rutin sewaktu buka kelas. Saat saya ingin melatihnya untuk menghafal kosakata bahasa Arab, Kiki malah menolak, ” Bukan gitu menghafalnya. Tenang aja Bu… Gampang… Nanti juga bisa…”

Setelah dipikir-pikir, mungkin itu yang benar. Ujian bukan berarti harus belajar sehari atau semalam sebelumnya. Ujian adalah menguji apa yang sudah dipahami sehari-hari. Akhirnya, saya hanya minta Kiki untuk nge-cek mau ujian apa besok pagi, tanpa berusaha mengajarinya lagi. Musim ujian di SAB tetap menyenangkan buat anak-anak (dan buat ibunya …🙂 ) …

Categories: Uncategorized
  1. June 10, 2009 at 6:17 pm

    Senangnya jadi anak alam…..:)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: