Home > final project, soa > Strategi Migrasi ke Lingkungan SOA

Strategi Migrasi ke Lingkungan SOA

Tina Yuliani Ayuningsih (2005) mengkaji beberapa strategi untuk melakukan migrasi legacy system ke lingkungan SOA.  Ya, beberapa sistem (terutama legacy system) dianggap perlu untuk segera dimigrasi ke lingkungan atau teknologi yang lebih baru. Empat strategi migrasi ke lingkungan SOA yang dikaji adalah Enterprise Model Driven Migration Approach (EMDMA), Service Migration and Reuse Technology (SMART), Salvaging and Wrapping Approach (SWA), dan Oracle Modernization Framework (OMF). Dari empat strategi tersebut dipilih SMART untuk diterapkan pada sebuah studi kasus. Dasar pemilihannya adalah studi kasus itu sendiri, beberapa faktor pembanding, dan kelengkapan dukungan terhadap lima fase migrasi. Studi kasus yang dipilih adalah beberapa perangkat lunak aplikasi yang saat ini digunakan di Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB. Hasil analisis menunjukkan bawah aplikasi lama memang perlu dimigrasi.

Tina melengkapi TA-nya dengan membuat prototipe sistem target migrasi dengan metode Service Oriented Analysis and Design (SOAD). Prototipe dibuat dalam bahasa pemrograman Java dan JAX WS.

Jadi, jika ingin melakukan migrasi sistem, pastikan bahwa sistem lama tersebut memang layak untuk dimigrasi. Dan ada beberapa strategi yang bisa dipilih untuk menilai hal tersebut…

Excellent work Tina…🙂

Categories: final project, soa
  1. September 13, 2009 at 3:32 am

    Super post, Need to mark it on Digg

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: