Home > CBSE, final project > CBSE, UML Component, dan EJB

CBSE, UML Component, dan EJB

Reisha Humaira (2005) mengkaji beberapa konsep pada component-based software engineering (CBSE). Selanjutnya, dikaji pula UML Components sebagai suatu metode pengembangan sistem berbasis komponen serta EJB sebagai teknologi yang mendukung pembangunan sistem berbasis komponen. Analisis dilakukan terhadap kesesuaian antara konsep-konsep dalam UML Components dengan konsep-konsep dalam CBSE serta pemetaannya ke dalam teknologi yang tersedia, dalam hal ini EJB.

Lima workflow awal dari UML Components, yakni Requirements, Specification, Provisioning, Assembly, dan Test dikerjakan untuk menentukan spesifikasi dan membangun komponen-komponen yang dibutuhkan pada suatu inventory management system yang generik. Komponen-komponen yang berhasil dibuat, selanjutnya dimanfaatkan untuk membangun dua aplikasi inventory management system yang berbeda, yaitu e-Service Center dan Symphony Inventory System. Kedua perangkat lunak dibangun pada platform J2EE. Pembangunan kedua aplikasi menggunakan cara yang berbeda. Aplikasi pertama dibangun dengan JSP dan Java Servlets sementara aplikasi kedua dibangun dengan Visual Web JSF.

Menurut saya, ini adalah TA yang komprehensif, lengkap sekali. Dari konsep, metode, teknologi, hingga diimplementasikan jadi perangkat lunak; didukung dengan penulisan buku TA yang rapi dan runtut. All about component-based… šŸ™‚

Categories: CBSE, final project
  1. No comments yet.
  1. October 6, 2009 at 3:47 pm
  2. October 6, 2009 at 3:50 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: