Home > maintenance > Pergantian tahun…

Pergantian tahun…

Setelah pergantian Tahun Hijriyah, 18 Desember lalu (1 Muharram 1431H), berikutnya adalah pergantian Tahun Masehi (1 Januari 2010). Pergantian tahun selalu ditandai dengan berbagai rencana baru, resolusi baru. Menutup seluruh cerita di tahun sebelumnya. Bagaimana dengan dunia software ?

Pergantian tahun yang cukup heboh terjadi dari tahun 1999 menuju 2000.  Peristiwa ini dikenal dengan year 2000 problem, atau Y2K problem, atau millennium bug. Masih ingat dengan kehebohannya ? Menghadapi millennium bug tersebut, banyak software yang harus dicek ulang, dimodifikasi, agar bug sesegera mungkin diperbaiki. Software untuk bisnis maupun perbankan adalah yang paling rawan. Software dengan banyak data transaksi yang salah satu item datanya adalah ‘tanggal’. Ya, sebelumnya, format tanggal yang umum digunakan adalah dd-mm-yy. Tahun direpresentasikan hanya dengan dua digit. Inilah sumber masalahnya. Memasuki tahun 2000, digit tahun jadi bernilai ’00’, lebih kecil dari nilai tahun sebelumnya, ’99’. Berbagai perhitungan tanggal jadi kacau. Maka saat itu, berbagai proyek perawatan software banyak dilakukan untuk menghilangkan bug ini. Saya pun sempat terlibat dalam beberapa proyek seperti itu…

Belajar dari peristiwa tersebut, dan dari apa yang telah kita jalani sepanjang tahun 2009, ayo kita bersiap-siap: apakah ‘bug’ yang mungkin muncul tahun depan sudah diantisipasi ?

Categories: maintenance
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: