Home > service computing, service science > Service Science

Service Science

Saat ini, interaksi kita dengan berbagai sistem layanan (service system) sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Contohnya layanan rumah sakit, layanan bank, layanan toko on-line, dll. Kepuasan kita terhadap hasil interaksi tidak lagi berorientasi terhadap produk yang dihasilkan sistem, tetapi terhadap kualitas layanan yang diterima.

Service science (SS) adalah disiplin ilmu baru yang menjadi penting dan makin berkembang sehingga suatu interaksi dapat menghasilkan nilai (values) yang lebih baik. Dengan berkembangnya pemanfaatan TIK di berbagai bidang, maka service lagi hanya dikaitkan pada orang. Service system bisa diwujudkan dalam bentuk sistem berbantuan TIK, seperti toko on-line. TIK yang digunakan antara lain perangkat komputer, perangkat lunak aplikasi, jaringan internet, dan lain-lain.

SS dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang service (baik formal maupun informal), dalam terminologi entitas, interaksi, dan nilai (value) yang dihasilkan. Tujuannya adalah agar interaksi antar entitas (service system) menghasilkan nilai yang menguntungkan untuk setiap entitas yang terlibat. Berikut adalah tiga konsep dasar SS:

  • service systems; entitas yang akan saling berinteraksi
  • value propositions; terbentuk dari adanya interaksi antar entitas
  • governance mechanisms; digunakan untuk memastikan agar setiap entitas yang berinteraksi mendapatkan value

Jadi, jika sebelumnya kajian ilmu service science lebih banyak di ilmu-ilmu sosial, maka sekarang makin berkembang dengan bergabungnya computer science

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: