Home > final project > Dari Seminar TA I

Dari Seminar TA I

Minggu lalu adalah minggu seminar TA I terjadwal. Saya senang karena tujuh mahasiswa bimbingan saya yang baru, berhasil seminar tepat waktu. Dan topiknya menarik, sehingga saya jadi tambah pintar…🙂

Restya (2006) mengkaji format standar repositori konten LMS (Learning Management System), yaitu SCORM (Sharable Content Object Reference Model) sehingga bisa dibuat semacam portal yang berisi metadata konten berbagai LMS yang mendukung SCORM. Dan ada standar juga untuk membuat semacam portal tersebut, yaitu CORDRA.

Aditya (2006) ingin mencoba membuat aplikasi mobile advertising untuk  perangkat mobile dengan platform Android, software perangkat mobile pertama yang bersifat open source. Aplikasi yang dibuat terutama akan fokus pada layanan berbasis lokasi (location-based service).

Yosef (2006) akan membuat BPMS (Business Process Management System) khusus untuk proses bisnis pelaporan (reporting), sebagai pengganti Intalio BPMS yang cukup berat dijalankan dan masih bersifat umum. Cukup lengkap  yang akan dibangun, dari mulai membuat modeller berbasis grafik yang menggunakan BPMN (Business Process Modelling Notation), membangkitkan kode BPEL (Business Process Execution Language), lalu mengeksekusinya pada suatu BPEL engine.

Fajar (2006) akan mengkaji kemungkinan menggabung dua konsep terpisah: SOA (Service Oriented Architecture) dan SaaS (Software as a Service). Aplikasi berbasis SOA dibangun dari komposisi berbagai service. Dengan SaaS, aplikasi juga akan di-deploy sebagai service juga.

Adityo August (2006) mengkaji berbagai konsep dan teknik pengamanan (security) pada aplikasi berbasis SOA. Berbagai teknologi yang bersifat open standard yang yang digunakan pada implementasi SOA ini rawan dari sisi keamanannya. Studi kasus akan dibuat untuk mengimplementasikan beberapa konsep dan teknik pengamanan.

Arif Nanda (2006) mengkaji beberapa metode untuk mengimplementasikan stateful web service, dan akan mengujinya dalam suatu studi kasus. Beberapa metode memang sudah ada, akan tetapi masing-masing masih mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Aloysius (2006) akan mengkaji SODA (Service Oriented Development of Application), suatu metode untuk membangun aplikasi arsitektur berorientasi service (SOA). SODA ini menawarkan metode yang dapat membungkus (enkapsulasi) aplikasi lama yang belum berorientasi service, agar menjadi berorientasi service, sehingga bisa berkomunikasi dengan aplikasi baru yang sudah berorientasi service.

OK, kita tunggu kemajuannya. Selamat bekerja…🙂

Categories: final project
  1. January 26, 2010 at 7:49 am

    wah, topiknya keren2 banget ^_^
    salut lah

  2. January 26, 2010 at 9:26 am

    Ya, dan saya senang jadi pembimbingnya🙂

  3. January 26, 2010 at 9:46 am

    Banyak sekali ya skripsi dengan topik SOA di ITB. Kalau angkatan saya di Ilkomp UGM kebanyakan topiknya Sistem Cerdas seperti: JST, ekstraksi aturan dari JST, sistem pakar, SPK, dsb.

  4. January 26, 2010 at 10:05 am

    Itu karena saya di Kelompok Keilmuan (KK) Rekayasa Perangkat Lunak dan Data. Topik lainnya ada banyak juga di bawah bimbingan dosen lain di Lab/KK lain…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: