Home > maintenance > Migrasi Aplikasi

Migrasi Aplikasi

Migrasi aplikasi kita lakukan apabila kita telah selesai mengembangkan sebuah aplikasi baru pengganti aplikasi yang lama. Ada banyak alasan kenapa aplikasi lama perlu diganti dengan yang baru. Umumnya jika perawatan sedikit-sedikit sudah tidak bisa dilakukan lagi. Kita terpaksa memulai membangun aplikasi baru dari awal.

Nah, setelah jadi, bagaimana caranya berpindah ke aplikasi yang baru? Jika aplikasi yang ingin kita ganti (aplikasi lama) itu aplikasi yang kritis (tidak mungkin tidak jalan meskipun hanya untuk periode yang sangat singkat), sebaiknya ada periode dimana kedua aplikasi jalan bersama. Paling tidak sampai aplikasi baru berjalan dengan lancar.

Akan tetapi ada kalanya jalannya dua aplikasi ini membuat aplikasi baru justru tidak dimanfaatkan dengan optimal. Akibatnya, aplikasi lama terus berjalan (padahal sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan). Hal ini bisa terjadi jika aplikasi baru menuntut perubahan gaya kerja dan prosedur yang selama ini sudah berlaku (padahal banyak mengandung kekurangan). Kebanyakan pengguna aplikasi sudah keburu merasa nyaman dengan gaya kerja dan prosedur lama, sehingga sulit diajak berubah. Kembali, aspek non teknis turut berperan dalam proses migrasi aplikasi ini.

Bagaimana kalau aplikasi lama langsung saja di-shut down ? Ini bisa dilakukan jika aplikasi bukan menangani hal kritis. Pasti ada jeda dimana aplikasi belum berjalan sempurna. Resiko ini jelas harus dipertimbangkan.

Jadi pilih yang mana ?

Categories: maintenance
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: